Solusi Penyimpanan Cloud Storage

Yup, akhirnya sudah sekian lama tidak memposting diblog saya, Kali ini saya ada kesempatan untuk mereview Cloud Storage.

Apa sih Cloud Storage itu? kalo bahasa saya sih penyimpanan di awan hahahaha… Cloud Storage adalah media penyimpanan data yang dapat diakses oleh para penggunanya lewat jaringan internet. Tentu saja filenya berada dikomputer dimana anda membuat akun cloud storage. Ilustrasinya seperti ini, Jika saya seorang web designer, saya memerlukan banyak gambar, font, ilustrasi, flash dll, nah untuk memudakan saya bekerja dimana saja, saya menyimpannya di cloud storage. Memang merupakan pilihan di mana kita akan menyimpan data-data kita. Kita bisa menyimpannya pada media penyimpanan fisik seperti hardisk, CD, flashdisk. Tapi untuk sebagian pengguna komputer hal tersebut mulai menjadi penghalang efisiensi kerja saat data-data yang dibutuhkan tak dapat diakses. Yah, manusiawi, kadang lupa bawa flashdisk hahaha… Atau mungkin kerusakan media yang tak bisa diprediksi. Hard disk terlalu tua sehingga motornya nggak kuat muter lagi, CD atau DVD tergores. Kemungkinan lain lagi, dan yang paling sering dihadapi adalah terbatasnya ruang media penyimpanan. Gimana seandainya kita punya hard disk yang hampir penuh? Beli hard disk lagi? Menghapus file-file yang dirasa sudah tidak relevan lagi?

 

Saat disimpan secara ‘cloud‘, data-data tersebut dapat dengan mudah diakses lewat jaringan internet. Nggak perlu ngambil laptop kalo ketinggalan di rumah atau mencari flashdisk di bawah tumpukan buku-buku kuliah. Rusak? Para penyedia layanan ini menggunakan ratusan server untuk menyimpan file-file. Karena tentu saja mereka harus mengadakan maintenance secara berkala. Ruang yang terbatas? Sepertinya ruang yang disediakan sudah lebih dari cukup. Kalo penuh (nggak tau nyimpen apaan aja) tinggal bikin akun baru lagi. Yang paling ditekankan dari keuntungan teknologi ini adalah kemudahan mengakses data-data kita di mana saja dan kapan saja.

Akan tetapi, disamping kelebihan dan keunggulan dari Cloud Storage, tidak lepas juga akan kekurangan system tersebut, kekurangannya adalah terletak pada hal keamanan. Setiap akun dilindungi oleh password yang bisa saja diketahui orang lain jika kita tidak berhati-hati. Walaupun kita sudah begitu berhati-hati tetap tak menutup kemungkinan akun kita dibuka orang lain. Kekurangan lain adalah gangguan pada saat mengakses data, entah itu disebabkan karena koneksi yang bermasalah atau server yang sedang ‘down’. Pengeluaran pun bertambah karena kita harus terhubung dengan internet untuk menggunakannya (kecuali ada yang menyediakan jasa akses internet gratis *tetep hehehehe).

Menyimpan data sebenarnya bisa saja di hosting yang sudah kita beli, tapi ga jamin kalo suatu saat akun anda kena banned atau hack maka anda akan kesusahan mengkases data-data yang sudah anda simpan plus kalo data-data yang anda simpan ukurannya gede maka akan menganggu kinerja hosting.

Beberapa sistem cloud storage bahkan menyediakan fitur agar orang lain dapat mengakses data milik kita. Hal ini tentunya akan sangat memudahkan kita dalam pengerjaan sebuah proyek kolaboratif daripada bertukar salinan data baik secara online maupun offline.

Ok, sekarang kita bahas beberapa layanan 5 TopCloud Storage gratis terbaik yang tersedia didunia jagad maya.

  1. Dropbox

    Merupakan Cloud storage yang menyediakan aplikasi bawaan managemen file dan folder, jadi untuk menggunakannya kita tidak harus mengaksesnya melalui web Interface. tersedia untuk windows dan linux. Untuk space dropbox menyediakan 2GB dan satu hal yang menarik dari dropbox adalah kita akan mendapatkan space tambahan jika berhasil mengajak orang lain untuk menggunakan dropbox berdasarkan rujukan kita (referral system). Beberapa fitur yang didapat dari dropbox shared folder memungkinkan beberapa orang untuk berkolaborasi pada file yang sama dan dapat secara otomatis syncs ketika file baru atau perubahan terdeteksi.

     

  2. Box.net

    Di Box.net ditawarkan tiga jenis Box yakni Basic, Individual, dan Business. Yang pertama Free, dan yang dua terakhir berbayar. Beberapa hal yang didapat saat kita terdaftar dengan fasilitas BASIC antara lain Space 1 GB dan Bandwith 10 GB dan juga selain bisa menyimpan file di box pribadi, file juga bisa di-share di ruang publik.Untuk managemen file Box.net tidak menyediakan aplikasi bawaan seperti pada Dropbox jadi untuk menggunakannya kita harus berhadapan dengan web interface.

  3. Memopal

    Memopal merupakan layanan penyimpanan Online yang terkenal denga slogan More Friends = More Space artinya disini kita akan mendapatkan space tambahan setiap berhasil mengajak teman untuk menggunakan memopal yang merujuk pada nama (account) kita (referral system), memopal menawarkan space 3 GB dan menyediakan aplikasi bawaan managemen file dan folder (shell) , tersedia untuk Windows, Linux, Mac OS dan platform mobile.

  4. Windows Skydrive

    SkyDrive merupakan layanan penyimpanan data Online yang diberikan oleh Microsoft dengan space 25 GB dan batasan ukuran 50 MB untuk setiap file, salah satu hal menarik yang diberikan oleh Skydrive adalah adanya fitur terintegrasi dengan layanan web office yang membuat kita dapat mengedit file microsoft office yang kita simpan pada SkyDrive melalui web. walaupun tidak menyediakan aplikasi bawaan untuk manajeman file dan folder, kita tetap dapat menggunakan SkyDrive Exploreuntuk mengintegrasikan layanan ini dengan desktop.

    Sebuah layanan terpisah bernama SkyDrive synced storage juga akan kita dapatkan ketika mendaftar dengan Space 5 GB berbeda dengan SkyDrive yang memiliki batasan ukuran setiap file 50 MB, SkyDrive synced storage tidak memiliki ukuran batasan file dan untuk menggunakan SkyDrive synced storage pada windows terlebih dahulu harus menginstall Windows Live Mesh yang merupakan bagian dari Microsoft Live Essential.

     

  5. Google Docs

    Banyak yang belum mengetahui bahwa Google Docs menambahkan sebuah fasilitas baru pada layananya yang dapat digunakan untuk meng-upload semua jenis file, namun disini kita hanya akan mendapatkan space 1 GB, layanan ini sifatnya terpisah dengan G-mail dan Picasa dan tidak ada kaitannya dengan Gmail Drive.

Disamping top 5 Cloud Storage diatas, masih banyak Penyedia jasa yang perlu kita ketahui seperti halnya iCloud, Ubuntu One, Zumo Drive, Adrive, Mediamax, rapidshare, 4share, strongspace dll.

 

Semoga bermanfaat 🙂

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA :: This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.