Jadikan Mac-mu Sebagai Web Server

mv

Sebenarnya banyak aplikasi bundling pihak ketiga sepertihalnya MAMP. Kombinasi Apache, MySQL, dan PHP merupakan yang umum digunakan untuk webserver. Solusi webserver berbasis httpd atau Apache sebenarnya sudah tersedia di OSX. Begitu pula dengan modul PHP. Kamu hanya perlu untuk mengaktifkannya tanpa perlu memasang aplikasi tambahan. Ikuti langkah-langkah berikut untuk mengaktifkannya.

Untuk pengguna OSX Lion dan versi sebelumnya, webserver bisa diaktifkan dengan mudah melalui System Preferences. Di menu Sharing, centang pilihan Web Sharing, dan webserver pun sudah aktif.
Namun untuk pengguna OSX Mountain Lion (dan Mavericks) akan sedikit kesulitan karena Apple telah menghilangkan menu web sharing di System Preferences. Salah satu solusinya adalah mengaktifkan secara manual melalui Terminal.app dengan perintah berikut:

sudo apachectl start

Buka Safari atau web browser pilihan kamu, lalu cek status webserver dengan mengakses localhost atau 127.0.0.1 . Jika tidak muncul pesan error, maka webserver berhasil diaktifkan.

Untuk menghentikan webserver, gunakan perintah berikut:

sudo apachectl stop

Sementara untuk melakukan restart webserver, gunakan perintah berikut:

sudo apachectl restart

Kamu harus mengaktifkan webserver ini setiap Mac dihidupkan atau setelah restart Mac. Kalau kamu tidak selalu membutuhkan webserver aktif, tentunya tidak jadi masalah. Tapi kalau kamu selalu membutuhkan webserver aktif, misalkan karena kamu memang web developer, gunakan solusi berikut ini. Ketikkan perintah berikut di Terminal.app:

sudo defaults write /System/Library/LaunchDaemons/org.apache.httpd Disabled -bool false

Nah, selesai sudah urusan webserver. Sekarang kita aktifkan modul PHP!

Modul PHP juga sudah tersedia di dalam OSX sehingga kamu tidak perlu instalasi tambahan. Tinggal diaktifkan saja. Kamu perlu menyunting berkas konfigurasi di /etc/apache2/httpd.conf . Kalau berkas itu belum ada, maka kamu perlu menyalinnya dari berkas contoh. Ketikkan perintah berikut di Terminal.app:

cp /etc/apache2/original/httpd.conf /etc/apache2/httpd.conf

Lalu sunting berkas httpd.conf tersebut, misalnya dengan nano. Jangan lupa pakai sudo untuk mendapatkan hak akses administrator.

sudo nano /etc/apache2/httpd.conf

Cari baris yang mengandung “php”. Dalam nano, gunakan kombinasi tombol CTRL-W (where) untuk pencarian. Ya, tombol CTRL, bukan CMD.

#LoadModule php5_module libexec/apache2/libphp5.so

Setelah menemukan baris tersebut, buang tanda pagar komentar (#) di depan baris tersebut. Dan simpan berkas dengan kombinasi tombol CTRL-O (write out). Dan keluar dari nano dengan kombinasi tombol CTRL-X (exit).

Restart webserver, dan modul PHP pun aktif. Coba akses berkas php melalui web browser untuk memastikan PHP bekerja dengan baik.

Terakhir, modul MySQL. Nah, modul ini tidak tersedia dalam paket OSX, kamu harus mengunduhnya dan menginstallnya. Sila baca rujukan cara instalasinya di artikel Instalasi MySQL di Mac OS X.

Tak sulit, bukan? Nantikan artikel berikutnya tentang cara konfigurasi virtual host.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA :: This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.