Selamat Datang macOS Sierra: Integrasi Siri, Apple Pay dan Peningkatan Fitur

Apple resmi merilis macOS Sierra sebagai generasi penerus OS X El Capitan. Ya, membuang kata OS X dan kembali menggunakan kata macOS adalah catatan pertama yang harus kamu tahu untuk sistem operasi di komputer Mac ini. Di Keynote speaker tadi, Apple mengumumkan segudang fitur baru dan penambahan fitur untuk macOS Sierra ini. Apa saja fitur baru tersebut? Mari kita ulas ya!

SIRI FOR MAC

Catatan paling heboh adalah hadirnya Siri di perangkat komputer Mac. Kini kamu dapat memanggil asisten pribadi ini dengan keyboard shortcut dan memintanya untuk melakukan banyak hal. Mulai dari mencari tempat makan untuk kamu bersama teman, mencari dokumen yang ada di komputer Mac dengan beragam kecerdasan tingkat tinggi untuk filterisasi, mengakses berita dan dukungan aplikasi pihak ketiga. Ada juga mode pencarian gambar dari website dan langsung drag and drop ke layanan email atau aplikasi lainnya.

FITUR BARU DI PHOTOS: MEMORIES DAN PENCARIAN CERDAS

Untuk kamu yang hobi berfoto dalam beragam kegiatan keluarga, Apple mengenalkan fitur Photos di macOS Sierra dan iOS 10 dengan mode Memories. Fitur ini berfungsi untuk merangkum foto dan menjadikannya sebuah cerita singkat dalam bentuk video.

Selain Memories, Apple juga memberikan mode pemindai wajah dan tempat untuk melihat kelompok foto keluarga atau teman kamu dengan mudah dan cepat. Masih di bahasan menggali foto yang sudah kamu simpan, ada fitur Intelligent Search untuk membantu kamu mencari beragam foto berdasar latar belakang atau objek yang ada di belakangnya . Misalkan foto di pegunungan, danau atau beragam hal lainnya.

APPLE PAY UNTUK BELANJA ONLINE

Jika selama ini Apple Pay dikenal untuk teknologi autentifikasi pembayaran di toko fisik, kini kamu dapat segera menikmati fitur ini di perangkat komputer Mac. Tentunya untuk mode belanja online via website yang sudah mendukung fitur ini ya.

Setelah mengunjungi toko online favorit kamu untuk belanja dan memilih pembayaran Apple Pay, silahkan gunakan keamanan dari Touch ID di iPhone atau sentuh 2x tombol di Apple Watch sebagai kuncian keamanan dari pembayaran. Tenang saja, Apple tidak akan mebagikan data penting kamu seputar pembayaran dengan kartu kredit ini ke pihak manapun.

AUTO UNLOCK DI APPLE WATCH

Pernah terbayang untuk membuka MacBook Pro kamu dan tidak perlu ribet memasukkan password? Ya, fitur ini akan segera hadir di macOS Sierra! Pengguna hanya perlu menggunakan Apple Watch dan membuka komputer Mac yang sudah memperoleh pengaturan fitur ini untuk mendapatkan akses cepat ke Desktop tanpa memasukkan password.

UNIVERSAL CLIPBOARD

Fitur ini hadir sebagai solusi untuk kamu yang sering kebingungan menyalin dokumen dari perangkat iOS ke komputer Mac atau sebaliknya. Kini pengguna dapat menyalin gambar, video atau text dan tempel (paste) di perangkat kamu yang lainnya. Contoh paling mudah adalah daftar resep, nama orang yang sulit ditulis atau beragam hal lainnya.

ICLOUD DRIVE KIAN LENGKAP

Fitur baru di iCloud Drive adalah mode menampilkan data yang ada di Desktop atau folder Documents ke layanan simpan data di awan ini. Tidak ada lagi kata data terselip atau tertinggal di iMac yang ada di rumah ketika kamu bepergian membawa MacBook Pro. Semuanya ada di tempat yang sama, di dalam iCloud Drive.

MESSAGES DENGAN SEGUDANG FITUR SERU!

Message di macOS Sierra ini hadir dengan porsi ekstra dibanding beragam fitur baru lainnya. Mulai dari ukuran Emoji yang lebih besar, mode rekasi cepat untuk membalas kiriman pesan dari teman atau juga mode memutar video secara instan dan preview links.

MASIH BANYAK LAGI FITUR LAINNYA

Ada banyak lagi fitur macOS Sierra yang dapat kamu intip di laman web Apple macOS Sierra. Seperti mode Tab untuk urutan aplikasi yang sedang digunakan, Picture in Picture seperti yang ada di iPad, wajah baru untuk iTunes serta Optimized Storage untuk mendeteksi data yang tidak kamu gunakan dan unggah ke iCloud Drive.

KAPAN MACOS SIERA TERSEDIA UNTUK PENGGUNA UMUM?

Sistem operasi ini mulai tersedia dalam versi Developer Preview mulai hari ini. Sedangkan untuk kamu yang terdaftar di Apple Beta Software Program dapat menikmatinya mulai bulan Juli 2016 nanti. Nah terakhir untuk pengguna umum, harus sedikit bersabar hingga awal musim gugur nanti untuk dapat menikmatinya di komputer pribadi – sekitar bulan September.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA :: This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.